About these ads
Beranda > Buah Hati > Tahapan Tahapan Kehamilan Pada Wanita

Tahapan Tahapan Kehamilan Pada Wanita

SELAMA sembilan bulan kehamilan dibagi menjadi tiga fase, masing masing dengan durasi tiga bulan. Ketiga fase ini disebut trimester.

Trimester pertama dimulai dari minggu pertama sampai dengan minggu ke-12, trimester kedua mencakup minggu 13 sampai akhir minggu ke-26, dan trimester ketiga mencakup minggu yang ke 27 hingga akhir kehamilan.

Lantas apa saja perubahan-perubahan pada wanita dan calon bayi selama masa kehamilan tersebut?

TRIMESTER PERTAMA (Week 1 sampai akhir minggu 12)

Perubahan dalam Tubuh

Selama tiga bulan pertama kehamilan, atau trimester pertama, tubuh mengalami banyak perubahan. Sebagai reaksi tubuh dalam menyesuaikan pertumbuhan bayi, wanita hamil mungkin mengalami gejala gejala mual, kelelahan, sakit punggung, perubahan suasana hati, dan stres.

Namun jangan khawatir karna hal-hal ini masih normal. Kebanyakan ketidaknyamanan ini akan hilang seiring waktu kehamilan berlanjut. Tentu saja beberapa wanita merasa kurang nyaman sama sekali. Jika pun pernah hamil, banyak perempuan merasakan perubahan dan perbedaan yang berbeda. Antara satu dan wanita lainnya memiliki tanda-tanda kehamilan yang berbeda pula.

Seiring perubahan bentuk tubuh mulai berubah, wanita hamil perlu membuat perubahan kegiatan rutinitas sehari-hari.

Berikut adalah beberapa perubahan yang paling umum yang biasanya dialami pada trimester pertama:

Kelelahan

Banyak wanita menemukan bahwa mereka merasakan mudah lelah pada trimester pertama. Jangan khawatir, karna kelelahan adalah hal yang normal. Ini merupakan cara tubuh memberitahu bahwa seorang yang lagi hamil membutuhkan lebih banyak istirahat. Bagaimanapun, tubuh bekerja sangat keras untuk mengembangkan kehidupan janin baru. Cobalah tips-tips untuk meredakan kelelahan antara lain:

  • Tidur minimal delapan jam setiap malam, dan kalau mungkin di siang hari juga
  • Ketika lelah, istirahatlah atau bersantai.
  • Mulai tidur dengan posisi kiri. Ini akan mengurangi tekanan pada pembuluh darah utama yang memasok oksigen dan nutrisi ke janin. Jika memiliki tekanan darah tinggi selama kehamilan, rutinitas tidur ini sangat penting
  • Jika merasa stres, cobalah untuk menemukan cara untuk bersantai.

Mual dan Muntah

Mual dan muntah sering terjadi pada fase awal kehamilan. Saat tersebut identik dengan sebutan "ngidam". Meskipun hal ini akan berlangsung terus, namun rasa mual dan muntah biasanya hilang setelah trimester pertama.

Cobalah tips ini untuk membantu mencegah dan menenangkan rasa mual tersebut:

  • Sering makan makanan dengan porsi sedikit (6-8 porsi sehari) lebih baik daripada makan 3 kali ukuran porsi biasa / besar
  • Hindari makanan mengandung lemak, gorengan, atau yang pedas
  • Cobalah makan camilan, seperti roti, biskuit, atau jajan kering saat merasa mual. Salah satu caranya adalah dengan menyimpan cadangan makanan didekat tempat tidur dan makanlah sesuatu sebelum tidur dan ketika bangun di pagi hari. Jika merasa mual di tengah malam, sebaiknya segera makan makanan yang telah dipersiapkan sebelumnya. Kebiasaan ini dianjurkan pula bila sewaktu waktu rasa mual datang, dan bisa dimakan secepatnya
  • Cobalah minum minuman berkarbonasi diantara waktu makan
  • Tanyakan kepada dokter apakah boleh mengkonsumsi vitamin B6 jika rasa mual dan muntah tak kunjung reda walau telah mengubah pola makan.
  • Jika merasa muntah berlebihan, segera hubungi dokter. Rasa mual dan / atau sering muntah mungkin berarti wanita sedang mengandung tersebut memiliki kondisi yang disebut hiperemesis gravidarum. Jika kehilangan terlalu banyak cairan bisa mengalami dehidrasi yang berbahaya bagi ibu dan jabang bayi.

Sering buang air kecil

Pada masa kehamilan, rahim semakin membesar dan menekan kantung kemih. Hal ini menyebabkan sering buang air kecil. Kunjungi dokter segera jika merasakan rasa sakit, rasa terbakar, kencing bernanah atau keluar darah dalam urin. Hal tersebut mungkin disebabkan oleh infeksi saluran kemih yang memerlukan perawatan lebih serius.

Berat badan

Selama trimester pertama, pertambahan berat tubuh pada wanita hamil adalah normal. Biasanya pertambahan berat badan sekitar setengah kilogram per bulan.

Perubahan bentuk Bayi

Pada akhir trimester pertama, bayi memiliki panjang sekitar tiga inci / 7,5 centimeter dan beratnya sekitar setengah ons. Mata, telinga telah mulai berbentuk. Organ hati pun telah mampu membuat empedu, dan ginjalnya mensekresi urin ke kandung kemih. Pada saat tersebut, seorang perempuan hamil belum bisa merasakan bayi yang sedang bergerak. Pergerakan bayi terjadi karna adanya reaksi terdorong pada perut wanita.

Kunjungan Ke Dokter

Selama bulan-bulan awal kehamilan, memeriksakan dan konsultasi kehamilan ke dokter sangat penting. Selama kunjungan pra-lahir pertama, biasanya seorang dokter atau bidan akan menanyakan beberapa pertanyaan seperti:

  • Riwayat kesehatan, penyakit, operasi, atau perihal kesehatan sebelum hamil
  • Menanyakan mengenai riwayat kesehatan keluarga
  • Melakukan pemeriksaan fisik yang lengkap
  • Melakukan pemeriksaan panggul
  • Memeriksa tekanan darah, urine, dan berat badan
  • Memberitahu tentang tanggal jatuh tempo kelahiran sang bayi
  • Dan tentu saja menjawab berbagai pertanyaan yang diajukan.

Artikel Terkait:

About these ads

Halaman: 1 2 3

  1. Belum ada komentar.
  1. 7 Desember 2010 pukul 07:19
  2. 7 Desember 2010 pukul 06:21
  3. 18 Agustus 2010 pukul 11:09
  4. 11 Agustus 2010 pukul 11:02
  5. 5 Agustus 2010 pukul 05:29

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 335 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: