About these ads
Beranda > Lingkungan Kerja > Cara Menarik Memilih Nama Bisnis Usaha Anda

Cara Menarik Memilih Nama Bisnis Usaha Anda

Apakah Anda hampir putus asa dan berkali kali gagal menjadi PNS? Mungkin saatnya untuk berfikir ulang. Bekerja mandiri dengan membuka usaha sendiri bisa jadi pilihan terbaik.

Banyak orang tidak sadar bahwa keputusan penting dalam memilih usaha bisnis dimulai dengan memilih sebuah nama. Nama bisnis sebaiknya yang lumrah, bisa menarik hati pelanggan dan sesuai dengan usaha Anda. Jika Anda bukan tipe kreatif, sebaiknya minta bantuan seorang penasehat yang dipercaya, keluarga atau teman terdekat dalam memberikan ide nama bisnis yang tepat.

Jika bisnis telah berjalan, konsumen seringkali bertanya, dari mana Anda memperoleh ide nama bisnis tersebut. Hal ini bisa menjadi kesempatan emas bagi Anda untuk menjelaskan detail usaha yang digeluti. Jika Anda bertipe konservatif, mungkin terlihat aneh bila Anda memilih nama yang agak trendi dan keren. Hal itu dapat membuat Anda kurang nyaman dan terkesan lucu.

Memilih nama memerlukan waktu yang tidak singkat. Bukan dalam satu hari bahkan satu jam saja. Perlu diingat, kreativitas dan inspirasi dalam memilih nama yang baik jarang muncul seketika. Untuk itu, mengadakan serangkaian sesi brainstorming dalam memilih nama bisnis dianggap sangat penting. Selama sesi ini Anda harus bekerja melalui beberapa tahapan berikut:

1) Nama bisnis mudah di eja dan diucapkan.

MudahKlien potensial Anda semestinya dapat dengan mudah mengingat nama bisnis Anda, karna mudah di eja dan diucapkan. Nama bisnis Anda bila masuk dalam daftar buku telfon atau direktori bisnis online, mereka dengan mudah mampu menemukannya. Jadi memilih nama bisnis seperti "TaivaelAgent" mungkin saja terdengar unik, tapi bukan ide yang baik karna susahnya diucapkan dan dieja. Bila konsumen Anda dari kalangan pribumi, nama bisnis yang berbahasa Indonesia tentu lebih mengena dan mudah di ingat. Sementara bila ruang lingkup Anda mencakup dimensi internasional, nama umum plus Inggris bisa jadi pilihan yang bagus. Nama yang pas adalah sesuatu yang dapat disebutkan dimana saja tanpa banyak penjelasan.

2) Nama sebuah bisnis dapat di visualkan.

Apa yang muncul di benak Anda saat membaca "TaivaelAgent?" Kebanyakan orang tidak akan dapat memvisualisasikan apa-apa ketika mereka membaca nama ini. Umumnya kita terprogram untuk "melihat" ketika kita membaca atau mendengar sebuah nama. Memasukkan elemen visual menjadi nama bisnis Anda bisa menyusupi ingatan pelanggan. Pilih sebuah nama bisnis yang memiliki unsur visual yang kuat. "TravelAgent" so pasti lebih bagus dibandingkan "TaivaelAgent."

3) Nama sebuah bisnis yang menarik memiliki konotasi positif.

Sebuah nama menunjukkan arti harfiah yang banyak dan bermakna emosional. Arti dari sebuah nama kerapkali memiliki asosiasi emosional yang positif, netral atau negatif. Bila Anda mencari nama bisnis, Anda perlu memilih kata-kata yang tepat agar orang mengingat makna positif yang terkait dengan bisnis Anda.

4) Nama sebuah bisnis menggambarkan dengan jelas bisnis Anda.

Anda harus yakin nama bisnis Anda dapat memberikan deskripsi dan petunjuk umum tentang apa yang sebenarnya Anda lakukan. Itu sebabnya hampir semua bank memiliki kata "Bank" dalam memberikan nama mereka. Kata "Salon" untuk usaha perawatan rambut, kulit atau kuku. Kata "Travel" untuk usaha biro perjalanan dan "Hotel" untuk usaha penginapan, dll.

5) Nama sebuah bisnis harus singkat, tetapi tidak terlalu pendek.

Hal ini penting karena Anda ingin konsumen dapat mengingat nama bisnis Anda. Terlalu pendek berakibat rancu, sedang bila terlalu panjang akan susah diingat dengan tepat. Juga penting untuk tujuan promosi, bila ditulis di kartu nama dan stasioner, bisa terlihat bagus. Nama adalah bagian dari brand Anda yang dapat menyimpan makna. Contoh nama pendek seperti IBM, Aqua, DHL, Intel, Nokia, Sony, umumnya sangat mudah diingat.

6) Pilih nama usaha yang bisa membedakan bisnis Anda dari pesaing / kompetitor.

Jika pesaing utama dalam bisnis adalah "Busana Keren Ananda" tentu Anda tidak mesti memilih nama bisnis yang mirip bahkan persis, misalnya "Busana Keren Irma," "Busana Keren Yohana" dll. Anda harus memilih nama yang akan membedakan dari pesaing utama. Dalam dunia usaha, lebih baik berani dan terlihat menonjol daripada berbaur dengan arus.

7) Nama bisnis sebaiknya memiliki opsi dotcom.

www comDunia usaha saat ini tidak hanya mencakup offline, tapi juga online. Dengan ekspansi pasar lebih luas, kebutuhan nama domain untuk usaha memegang peranan penting. Memiliki nama domain dotcom yang tepat memberi nilai yang sangat besar.

Jika Anda yakin Internet akan memainkan peran penting dalam masa depan bisnis Anda, faktor ketersediaan nama dotcom menjadi keharusan. Sangat mudah untuk mencari tahu nama domain yang tersedia, dan mana saja yang telah didaftarkan orang lain.

8) Sebuah nama bisnis yang langgeng tidak melanggar hak paten / Trademark orang lain.

Anda harus yakin nama bisnis pilihan Anda tidak melanggar hak kekayaan intelektual dari sebuah organisasi atau bisnis lain. Lantaran menggunakan nama dari merek lain, dengan mudah sebuah usaha kolaps atau bangkrut karna dituntut dan kalah dalam meja hijau di kemudian hari. Usaha bertahun tahun akan lenyap seketika. Untuk itu Anda dapat menggunakan internet dalam meneliti hak nama usaha orang lain.

Related Articles:

About these ads
  1. fadli
    16 Juni 2014 pukul 18:17

    aku punya usaha cuci motor end laundry.nama usaha aku MAKASSAR 99 sampai skrng nga bisa memberi hasil lebih………ap ya nama usaha untuk saya yg cocok

  2. Hana ummu Aufa
    22 Februari 2014 pukul 06:39

    Trimakasih atas artikelnya,,,keren banget,,,sangat bermanfaat,,,luarbiasa

  3. best
    30 Juni 2013 pukul 17:06

    Trims tips tips amat menarik :-)

  4. 14 Juni 2013 pukul 12:15

    Salam Sukses,
    hal terpenting dalam memilih maupun akan menjalankan Business Opportunity,Franchise,atau Waralaba
    bukan semata-mata terletak pada seberapa bagus produk yang akan di jual,serta seberapa besar kebutuhan pasar akan produk tersebut.
    pernahkah terbayangkan tiba-tiba anda harus mengganti merek disaat business sedang berkembang pesat karena adanya tuntutan dari pihak lain atas Merek yang digunakan ?
    belum lagi anda diharuskan membayar ratusan juta Rupiah karena hal tersebut diatas?

    inilah pentingnya fungsi daftar merek,desain industri,hak cipta,paten.

    Konsultasikan merekdagang anda segera pada http://www.ipindo.com konsultan HKI terdaftar.

  5. 30 Mei 2012 pukul 02:39

    IDE Nama Bisnis Keren

    Menemukan sebuah nama bisnis yang keren mungkin tidak semudah yang Anda bayangkan. Jika Anda mencari solusi nama bisnis, Anda mungkin telah mencari diberbagai ide di internet.

    Nama usaha yang keren adalah salah satu hal menarik yang perlu dipertimbangkan dikala memulai bisnis. Dengan alasan nama bisnis Anda akan membedakan dari orang lain dan tentunya dengan harapan konsumen akan mengingat Anda.

    Memiliki nama bisnis yang tidak biasa dan keren biasanya mendapatkan kesan positif dan dihargai oleh orang yang pertama kali mendengarnya. Ingat, kesan pertama merupakan poin penting dalam berbisnis.

    Nama bisnis keren bisa mungkin sebagai langkah pertama dalam memikat calon pelanggan dengan mudah. Orang secara alami ingin tahu bisnis Anda untuk melihat apa yang ditawarkan.

    Memilih nama bisnis yang besar merupakan tugas besar. Jadi Anda perlu memikirkan lebih jauh tentang bisnis Anda secara keseluruhan. Apa model bisnis Anda saat ini? Apa yang mungkin Anda lakukan di masa depan? Dengan penamaan bisnis yang keren dapat memberi potensi perluasan bisnis di masa depan.

    Kadang-kadang ide nama keren dapat ditemukan dari sebuah paduan kata yang berkesan lucu dan humoris. Apa pun nama itu yang terpenting yang bisa membuat konsumen tersenyum. Bukankah humor merupakan daya tarik dalam setiap bidang kehidupan?

    Contoh nama bisnis keren “Google” misalnya. Nama ini sangat terkenal saat ini sebagai nama mesin pencari. Google merupakan sebuah perusahaan yang beraset ratusan milyar dolar. Sebelum Google berdiri, mungkin tidak satupun yang tahu apa artinya. Dan tahukah Anda bahwa nama merek besar ini tidak ditemukan oleh seorang ternama, agen iklan atau perusahaan identitas merek? Justru nama keren ini diilhami oleh orang biasa. Berawal dari kreatifitas rumahan semata. Nama trendy yang tdiak kalah menarik misalnya YouTube, facebook, Twitter, etc.

    Nah, jika orang orang biasa tersebut bisa menciptakan nama keren untuk bisnis mereka, Andapun bisa!

  6. New
    30 Mei 2012 pukul 01:33

    TIPS Memilih Nama Domain Untuk Bisnis

    Memilih nama domain untuk bisnis merupakan kebutuhan yang penting saat ini. Nama tersebut merupakan sebuah identitas dari bisnis Anda di dunia web. Memilih nama domain yang tepat, mengontrak penyedia hosting dan desain website, serta pengembangan website adalah bukan pekerjaan kecil.

    Nama domain saat ini lebih dari sekedar berguna untuk menyimpan dan menampilkan alamat bisnis atau informasi pribadi di internet, Nama domain dapat memberikan perbedaan antara bisnis yang sukses dan tidak sukses. Karna pentingnya nama domain tersebut, wajar saja bila Anda harus meluangkan waktu dalam memilih nama yang tepat.

    Berikut adalah beberapa tips yang membantu Anda dalam menentukan pilihan nama domain yang bagus untuk segera di daftarkan sebagai alamat situs Anda.

    1) Pertimbangkan panjang dari nama yang Anda pilih. Tidak mudah bagi pengguna untuk mengingat nama yang panjang dan kompleks bukan? Untuk itu nama yang pendek dan mudah diingat sangat diutamakan. Hindari pula penggunaan simbol-simbol khusus di dalam nama tersebut, karena akan menambah kompleksitas.

    2) Poin penting lainnya berkaitan dengan optimasi mesin pencari. Nama domain tersebut sebaiknya memberikan gambaran nama bisnis Anda, yang sekaligus adalah kata kunci dalam mesin pencari.

    3) Begitu Anda telah mendapatkan nama yang tepat, segera daftarkan nama domain tersebut walaupun website Anda masih dalam tahap perencanaan. Hal ini untuk menjaga kemungkinan orang lain memiliki ide yang sama dan mendaftarkannya terlebih dahulu dari Anda.

    4) Hal berikutnya yang perlu diperhatikan adalah mendaftarkan nama domain tersebut untuk jangka periode yang lama, lima atau sepuluh tahun yang memberikan kesan bisnis Anda dijalani dengan serius.

    5) Pilih ektensi “.com”, karna ektensi ini paling umum digunakan oleh berbagai perusahaan.

    6) Tips terakhir, beli nama domain satu paket dengan hosting website. Hal ini ditujukan agar lebih mudah dikelola dan biasanya mendapatkan semacam diskon khusus.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 338 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: