About these ads
Beranda > Enterteinment > Demi Peruntungan, Banyak Orang Korea Ubah Nama

Demi Peruntungan, Banyak Orang Korea Ubah Nama

NAMAFB.COM – Sebuah nama dipercaya membawa pengaruh keberuntungan seseorang. Ini pula terjadi di Korea. Selama dekade terakhir, setidaknya 725.000 warga Korea secara resmi berinisiatif mengubah nama sendiri. Ini artinya dalam sehari, terdapat sekurangnya 198 orang yang antri untuk mengubah nama mereka. Prosesnyapun terbilang lebih mudah sejak adanya keputusan Mahkamah Agung pada tahun 2005.

Dalam praktiknya, banyak ditemukan perorangan yang menjajakan diri sebagai konsultan pengubah nama. Atau ketik saja "ubah nama" dalam situs pencarian di Korea, hasilnya ditemukan bejibun portal yang sebagian besar adalah lembaga-lembaga yang mengkhususkan diri dalam seni membuat nama yang lebih baik.

Tapi kebanyakan orang melakukannya dengan cara kuno. Yakni berkonsultasi melalui peramal atau media inspirasi ilahi lainnya. Demikian ditulis The Star (5 Agustus 2012).

"Saya memohon pada Dewa jika nama baru sangat pantas untuk hidup seseorang," kata Tae Eul, seorang peramal.

Tae Eul mengatakan kliennya meminta bimbingan dalam memilih nama beruntung, dua pertiga adalah perempuan yang belum menikah atau bercerai yang sedang prihatin dalam mencari jodoh. Sementara klien pria, katanya, lebih banyak melakukannya karna ingin banyak uang di rekening bank mereka.

"Anda harus berhati-hati tentang perubahan nama, karena dapat menentukan jalan hidup," kata Tae Eul, yang mengaku bisa berkomunikasi dengan dunia gaib di dalam sebuah kuil kecil yang terletak di Nonhyun-dong Seoul. "Bagaimana takdir seseorang terbentang didasarkan pada keberuntungan dan Saju mereka."

Saju adalah keyakinan tanggal lahir seseorang menentukan takdir mereka. Ini diyakini telah dipraktekkan di seluruh Asia Timur selama ribuan tahun. Semua tanggal sesuai dengan lima unsur: tanah, logam, air, api dan kayu. Demikian juga nama Korea dibentuk berdasarkan karakter Cina.

Tae Eul menjelaskan bahwa nasib buruk terjadi saat antara Saju seseorang dan nama terjadi konflik. Ini tidak hanya dapat mencegah seseorang dari menemukan pasangan, tetapi juga membawa masalah setelah pernikahan.

Keuntungan perubahan nama itu dipercaya oleh klien Tae Eul. Beberapa wanita muda yang telah mengubah nama mereka mengatakan merasa lebih beruntung.

"Dulu, ketika saya mengalami banyak pengalaman jelek, itu karna nama lama saya tidak membawa keberuntungan," kata Roh Hee-Seung, 27. Sebelumnya ia bernama Lan. "Kini tidak lagi. Nama baru saya memiliki arti pesona beruntung." Wanita ini rencananya akan menikah pada akhir tahun.

Seorang pengamat menyimpulkan bahwa dalam konteks Korea, banyak orang tidak merasa "terhubung" dengan nama mereka seperti layaknya orang Barat. Apakah seseorang memilih nama Korea baru atau Inggris, semuanya menghasilkan semacam "efek semu, " kata Jasper Kim, pendiri kelompok fikir Asia-Pacific Global Research Group.

"Saya pikir orang Korea merasa diri mereka terlalu dibatasi dalam hidup, tertekan dan sangat sibuk. Sehingga kemampuan untuk masuk ke dalam persona yang berbeda melalui nama yang berbeda adalah sesuatu yang bisa menarik untuk dilakukan banyak orang," kata Kim di kantornya, Womans Ewha University, dimana ia dosen di Graduate School of International Studies.

Kim mengatakan pertumbuhan ekonomi yang sangat pesat di Korea Selatan menimbulkan perasaan "kehilangangan jati diri." Dan mereka mencari kenyamanan dalam tradisi seperti Saju dan perdukunan.

About these ads
  1. Putri Nurul Nabila
    20 Juli 2013 pukul 15:08 | #1

    Tetangga sebelah juga gitu, tpi nyesel dia lagi balik nama. mbok ya kalo udah dikasi nama sama orang tua ditrima saja

  2. yongseiji
    19 September 2012 pukul 22:56 | #2

    saya baru saja buka web nama” orang korea@ priscilla

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 259 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: