About these ads
Beranda > Edukasi > Bayi Jadi ‘Guru Kecil’ Cegah Bullying di Sekolah

Bayi Jadi ‘Guru Kecil’ Cegah Bullying di Sekolah

NAMAFB.COM – Belakangan sering kita mendengar kasus korban bullying di sekolah-sekolah. Adakah cara untuk mengatasinya? Ini dia, kabarnya, sebuah proyek perintis yang memanfaatkan bayi sebagai ‘guru kecil’ untuk mengurangi tindak intimidasi sesama murid sedang diperkenalkan di daerah bagian selatan Wales, Inggris.

Adalah Cathy Owen yang memprakarsai sebuah metode yang dinamai "Empati Dasar", dan diperkenalkan ke ruang kelas sekolah Cardiff pada musim gugur lalu. Cara itu pertama kali sukses diterapkan di Kanada, di mana terbukti dengan adanya bayi dan ibunya mendorong anak untuk berinteraksi secara positif selama tahun ajaran berlangsung.

Seperti ditulis oleh Wales Online (6/8), sebelum ‘guru kecil’ datang, siswa diberikan tugas tertentu untuk mencari bahan ajaran bertemakan emosi, keselamatan atau menangis. Kemudian mereka diberi kesempatan bertanya dan berdiskusi dengan supervisor. Setelahnya, mereka ditanya apa saja yang telah dipelajari selama kunjungan bayi tersebut.

Fokus utama dari program ini adalah untuk mengurangi masalah perilaku, termasuk berjuang untuk mengurangi aktifitas bullying.

Brigitte Gater, direktur operasional pelayanan di Action for Children, Wales, menjelaskan: "Empati Dasar, mengajarkan anak-anak sekolah untuk memahami perasaan sendiri dan perasaan orang lain dengan menggunakan bayi sebagai guru kecil. Hal ini menimbulkan tingkat empati antara teman sekelas, menghasilkan hubungan yang lebih selaras dan penurunan drastis tingkat agresi pada anak sekolah."

Sumber: walesonline.co.uk

About these ads
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 338 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: