About these ads
Beranda > Enterteinment > Terkaya di China, Bilioner ini Belanja Cuma $20 Perhari

Terkaya di China, Bilioner ini Belanja Cuma $20 Perhari

Jadi bilioner tidak mesti foya-foya. Terbukti, orang terkaya China nomor satu hanya mengeluarkan puluhan dolar perhari. Hemat pangkal kaya, demikian rahasianya.

Terkaya ChinaZong Qinghou pendiri produsen minuman ringan grup Wahaha menjadi lelaki terkaya di China saat ini dengan perkiraan aset sebesar $21,6 milyar. Dalam peringkat dunia ia masih menduduki rangking ke-23 menurut analisa Bloomberg News (7/9).

Walaupun telah jadi orang terkaya, situs keuangan tersebut melaporkan bahwa pria umur 66 tahun itu biasanya cuma membelanjakan $ 20 saja per hari, atau sekitar 187 ribu rupiah.

Wahaha dalam bahasa China memiliki arti "anak-anak yang tertawa" dan didirikan semenjak 25 tahun silam. Zong Qinghou dalam pengakuannya memiliki 80% saham perusahaan. Keberhasilannya itu dikatakan sebagai berkat usaha kerja keras dan menerapkan pola hidup sederhana.

Membaiknya perusahaan Wahaha dikarnakan pertumbuhan ekonomi China yang pesat. Berdasar data dari situsnya mereka memiliki 60 pabrik tersebar di 29 provinsi dengan usaha utama membuat minuman bersoda, makanan formula untuk bayi dan juga aksesoris untuk anak-anak.

Saat ini, kekayaan Zong dinilai lebih banyak sebesar $13.4 milyar dibandingkan dengan orang terkaya no.1 China sebelumnya, Robin Li pendiri mesin pencari Baidu.

Dalam peringkat Asia, ia sekarang berada pada urutan ke-3 setelah Li Ka-Shing dari Hong Kong dan Mukesh Ambani, pengusaha telekomunikasi asal India.

Zong Qinghou lahir Oktober 1945 dan hanya memiliki setingkat SMP. Ia kini memiliki satu anak tunggal perempuan bernama Zong Fuli, yang sekaligus menjadi manajer pembelian di perusahaan Wahaha.

About these ads
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 340 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: