Tentang iklan-iklan ini
Beranda > Islam > Nama Bayi Perempuan Islami – FATIMAH

Nama Bayi Perempuan Islami – FATIMAH

FatimahFATIMAH (فاطمة‎), adalah nama Islami untuk anak perempuan. Ia merupakan putri ke-4 dari Nabi Muhammad SAW dari istri beliau Siti Khadijah. Menurut Wikipedia, Fatimah lahir pada tahun 605 Masehi di kota Mekah.

Nama Fatimah diyakini menjadi wanita yang sangat dekat dengan kehidupan pribadi dan perjuangan Nabi. Beliau banyak membantu usaha-usaha positif bapaknya dalam menyebarkan ajaran agama Islam.

Saat dewasa banyak pemuda yang ingin meminangnya, termasuk Abu Bakar dan Umar. Namun keinginan mereka ditolak. Sesuai dengan ilham yang diterima Nabi Muhammad, Fatimah dinikahkan dengan keponakan terdekat sekaligus sahabat beliau yakni Ali bin Abi Thalib.

Perannya setelah berumah tangga tidak hanya sebagai pendamping suami semata, tapi juga aktif dalam menekuni politik pada masa itu. Terlebih setelah Muhammad wafat, kursi khalifah diberikan pada Ali.

Dalam perkawinannya dengan Ali, lahirlah Hasan dan Husein, dua figur yang juga sangat berpengaruh pada sejarah pengembangan dunia Muslim. Tidak heran bila Fatimah dianggap sebagai "Ibu Para Imam".

Sebagai rasa hormat umat Muslim berkat kemurnian moral yang dimiliki dan penampilan wanita muslimah ini, ia digelari "al-Zahra", artinya "yang bersinar". Itu pula sebabnya beliau sering dipanggil dengan Fatimah Zahra.

Sayang umur beliau tidak panjang. Pada tahun 633 M, Fatimah meninggal dunia dan dimakamkan di pemakaman Jannatul Baqi Medinah.

Hingga saat sekarang, umat Muslim menganggap figur Fatimah sebagai putri Nabi yang penuh kasih dan setia, seorang ibu, seorang istri, seorang Muslim yang tulus, dan teladan bagi semua Muslimah yang ada dimuka bumi.

Tentang iklan-iklan ini
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 371 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: