About these ads
Beranda > Berita Terbaru > Park Geun-hye, Presiden Wanita Pertama Korea Selatan

Park Geun-hye, Presiden Wanita Pertama Korea Selatan

Park Geun-hye dari partai Saenuri, merupakan presiden perempuan pertama dalam sejarah di Korea Selatan – negara yang memiliki tingkat ketimpangan gender tertinggi di negara maju.

Nona Park, lahir pada 2 Februari 1952, umur 60, adalah putri dari mantan diktator Presiden Park Chung-hee. Yang menjadi kejutan adalah wanita ini belum menikah.

Pada usia 22, ia menjadi pusat perhatian politik, sebagai First Lady Korea Selatan saat ibunya ditembak mati pada tahun 1974.

Ayahnya, merebut kekuasaan dalam kudeta militer pada tahun 1961, dan memerintah di Korea Selatan sampai ia dibunuh oleh seorang kepala intelijen pada tahun 1979.

Selama ini, Park disanjung karna mampu meningkatkan ekonomi Korea Selatan, walaupun ia juga dituduh kejam menghancurkan perbedaan pendapat dan menunda pembangunan demokrasi.

Sebagai keturunan keluarga Park Geun-hye, figur ayahnya terbayang dalam karier politiknya. Pada bulan September, ia meminta maaf kepada publik atas pelanggaran HAM yang dilakukan selama ayahnya berkuasa.

Park Geun-hye pertama kali terpilih menjadi anggota Majelis Nasional Korea Selatan pada tahun 1998. Kemudian pada tahun 2007, ia dinominasikan untuk mencalonkan diri jadi presiden dari Grand National Party (GNP), namun kalah tipis dengan Lee Myung-bak.

Pendidikan: Meraih gelar sarjana teknik dari Universitas Sogang di Seoul dan gelar kehormatan dalam sastra dari Universitas Moonward di Taiwan.

Sebagai bagian dari kampanye presiden nya, Park berjanji untuk memprioritaskan "rekonsiliasi nasional", dan meningkatkan "demokrasi ekonomi" dan kesejahteraan sosial.

Dia juga berjanji untuk mendistribusikan kekayaan, reformasi konglomerat besar negara dan aktif dalam pemecahan masalah Korea Utara.

About these ads
  1. Waly
    22 April 2013 pukul 20:45 | #1

    Wanita yang tangguh, hebat seperti Megawati Soekarno Putri

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 265 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: