Tentang iklan-iklan ini
Beranda > Berita Terbaru > KPU: Hasil Resmi Pilkada Lotim Tunggu Akhir Mei

KPU: Hasil Resmi Pilkada Lotim Tunggu Akhir Mei

SELONG — Masyarakat Kabupaten Lombok Timur masih penasaran dengan hasil Pilkada Lotim tahun 2013. Siapakah pemenangnya diantara dua calon terkuat, Alkhaer ataukah Sufi. Sementara dua pasangan calon lainnya, Wali dan Mafan, diprediksikan perolehan suaranya kurang banyak.

Kedua kubu tim sukses (timses), baik Alkhaer maupun Sufi, masing-masing mengklaim menang. Itu pun menurut hasil rekapitulasi suara internal mereka sendiri.

Sekretaris timses pasangan Alkhaer, HM Tohri mengatakan pihaknya meraup sebanyak 276.815 suara, dan pasangan Sufi mendapatkan 252.082 suara. Artinya, Alkhaer menang 24.733 suara.

Sedangkan menurut Sekretaris timses pasangan Sufi, Heri Sabri mengaku pihaknya memperoleh 265.170 suara, dan pasangan Alkhaer meraih 251.895 suara. Berarti, Sufi menang 13.275 suara.

Jumlah suara yang mereka hitung tampak berbeda. Alkhaer menghitung total sebanyak 528.897 suara, dan angka pada Sufi berjumlah 517.065 suara. Sedangkan jumlah pemilih tetap pada Pemilukada Lombok Timur berjumlah 868.082 orang.

Jadi, siapakah pemenang Pilkada Lotim tahun 2013?

“Kalau soal klaim kemenangan, kami tidak persoalkan. Itu hak mereka untuk menyatakan diri menang. Kita tunggu saja hasil pengumuman resmi rekapitulasi yang dilakukan KPU Lombok Timur,” kata Heri Sabri, Rabu (15/5).

"Data itu sifatnya hanya sementara, karena masih bisa bertambah atau berkurang, namun Paket Alhaer tetap optimis memenangkan Pemilukada Lotim. Kami juga tetap menunggu hasil resmi dari KPU," kata Tohri kepada wartawan di rumahnya, Rabu (15/5/2013).

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Lotim, Khairil Anwar mengatakan tidak bisa memberikan putusan pasangan mana yang kalah dan menang. Adapun alasannya karna pihaknya masih melakukan rekapitulasi dan penghitungan surat suara di tingkat desa dan Kecamatan.

Ia pun mengharapkan agar seluruh massa pendukung dan simpatisan masing-masing pasangan calon untuk tetap bersabar, dan menunggu pengumuman resmi dari KPU Lombok Timur.

Penghitungan suara akan dilakukan mulai dari tingkat TPS, PPS, PPK dan KPU. Proses ini, kata Anwar, memakan waktu 9 hari setelah pelaksanaan Pemilukada pada 13 Mei lalu.

Pria ini juga mengatakan KPU tidak bisa mengumumkan hasil Pemilukada dengan metode perhitungan cepat (quick count). Hal itu dikarnakan melanggar aturan yang ada.

"KPU Lotim akan melakukan penghitungan hasil suara dengan mengacu pada proses dan aturan yang sudah ada," kata Anwar.

Di lain tempat, Kapolda NTB, Brigjend Pol. Muhammad Iriawan mengatakan hingga saat ini situasi di Lotim masih kondusif, aman dan nyaman, pasca pelaksanaan pemilukada 13 Mei lalu.

“Ini dilihat di berbagai sudut Lotim. Meskipun ditemukan sejumlah simpatisan pasangan calon yang melakukan konvoi, namun hal tersebut masih wajar,” kata Kapolda saat melakukan kunjungan di Lombok Timur, Rabu (15/5/2013).

Meski demikian, dalam upaya mengantisipasi terjadinya konflik, pihaknya mendatangkan bantuan dari BKO Brimob Polda Yogyakarta dan BKO Brimob Mabes Polri. “Kami menerjunkan pasukan sebanyak 1.742 personil untuk menjaga keamanan,” tukas Iriawan.

Kapolda berharap, keempat pasangan calon bisa mengarahkan massa pendukung dan simpatisannya agar tidak terpancing isu dan tetap menjaga situasi.

"Kita tunggu saja pengumuman dari KPU untuk menentukan siapa yang kalah dan siapa yang menang," tuntas Kapolda.

Tentang iklan-iklan ini
  1. 16 Mei 2013 pukul 11:11

    Siapapun yang akan naik di kursi Bupati, kami sebagai masyarakat LOTIM hanya bisa berharap kepemerintahan yang adil,trutama dari segi pendidikan,pendidikan di Lombok ini sangat brgengsi,,,
    jadi jangan hanya berat sebelah…

  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 372 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: