Beranda > Sports > Indonesia Open Chess Ke-III Rebutkan Hadiah 11 Miliar

Indonesia Open Chess Ke-III Rebutkan Hadiah 11 Miliar

Indonesia Open Chess Championship (IOCC) 2013, kompetisi catur tingkat dunia akan segera digelar di Jakarta dengan total hadiah 100 ribu dolar US atau setara Rp 11 Miliar.

Ketua Umum PB Percasi, Hashim Djojohadikusumo mengatakan kejuaraan ini akan berlangsung pada 9-18 Oktober di Puri Ratna Convention Hall, Grand Sahid Hotel. Kompetisi bergengsi tersebut dijadwalkan akan dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo.

"IOCC 2013 diselenggarakan bersamaan dengan kehadiran Women Grand Master (WGM) baru dari Indonesia, Medina Wardah Aulia sebagai peserta," kata adik kandung Prabowo Subiyanto tersebut dalam sebuah konferensi pers di Hotel Athlete Century Jakarta, Jumat (27/9/2013).

Disebutkan Hashim, untuk sementara ada 27 negara terdiri atas 57 peserta yang akan berpartisipasi. Jumlah ini hampir setengah dari target Panitia sebanyak 120 peserta dari 30 negara diharapkan turut serta dalam ajang ini.

Dari beberapa peserta yang mendaftar, tambah Hashim, terdapat 35 pecatur berkelas "Grand Master" antara lain Nigel Short, Aleksandr Moiseenko, Hoang Thanh Trang, dan Antoaneta Stefanova.

Panitia peserta seleksi, GM Utut Adianto mengatakan IOCC memiliki tempat tersendiri dalam turnamen percaturan dunia, dikarnakan kualitas para peserta dari anggota FIDE, organisasi catur seluruh dunia dan memiliki ELO rating setidaknya 2.200.

Turnamen yang digelar selama sepekan ini akan menggunakan sistem Swiss dengan 11 babak, terbagi menjadi tiga kategori, yaitu kategori umum, best woman, dan best junior.

Ketua Panitia IOCC Ita Gayatri mengatakan, dari total hadiah US$ 100 ribu itu tidak termasuk hadiah untuk pecatur wanita terbaik sebesar $30.000 dan bagi junior terbaik akan dihadiahi $ 6.000.

"Kami telah siapkan total hadiah sebesar 100 ribu dolar. Itu belum termasuk untuk best women dan best junior," kata Ita Gayatri.

Disebutkan, Hashim Djojohadikusuma menggunakan uang pribadinya sendiri sekitar 4 milyar rupiah demi kesuksesan IOCC 2013.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 408 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: