About these ads
Beranda > Sports > Hasil Playoff Piala Dunia: Portugal vs Swedia, Ronaldo v Ibra

Hasil Playoff Piala Dunia: Portugal vs Swedia, Ronaldo v Ibra

Portugal v Swedia

Babak play-off Piala Dunia zona Eropa antara Portugal dan Swedia sekaligus menjadi ajang pertarungan Cristiano Ronaldo versus Zlatan Ibrahimovic (Ibra).

Namun akhirnya si hidung mancung Ibra terpaksa menjadi penonton di gelaran akbar pesta sepakbola tahun depan. Sedangkan Ronaldo akan berusaha menciptakan rekor baru di Brasil nanti.

Portugal dan Swedia menjadi dua tim pertama yang keluar dalam undian digelar oleh FIFA pada Senin (21/10/2013) di Zurich Swiss. Keduanya akan berlaga dalam dua putaran home and away.

Hasil playoff:

Leg pertama digelar di Lisbon, Portugal dahulu unggul 1 – 0 berkat CR7. Pertandingan ini dapat disaksikan di SCTV hari Sabtu, 16 Nopember sekitar pukul 02.45 WIB.

Putaran kedua di Friends Arena, Solna dengan wasit Howard Webb dari Inggris, berlangsung hari Rabu 20 November dinihari waktu Indonesia bagian barat.

Hat-trick Ronaldo telah meloloskan Portugal ke putaran final Piala Dunia. CR7 mencetak tiga golnya pada babak kedua dimenit 50, 77 dan 79.

Dua gol perlawanan tuan rumah disumbangkan striker tangguh Ibrahimović pada menit 68 dan 72.

Dengan demikian Portugal berhasil lolos dengan skor agregat 4–2 menyingkirkan Swedia.

Preview sebelum pertandingan:

Ronaldo dan Ibrahimovic terpaksa bermain dalam laga playoff setelah tim negaranya menjadi runner up di fase grup. Rusia dan Jerman tercatat sebagai pemenang.

"Pemain kelas dunia seperti Ronaldo dan Ibrahimovic, bisa melakukan hal ekstra untuk mengubah permainan," kata pelatih Swedia Erik Hamren, seperti dikutip dari laman AP.

"Saya senang kami memiliki seorang (pemain) juga. Tapi kami membutuhkan kerja tim agar tampil benar-benar hebat," lanjutnya.

Dengan pertemuan kedua timnas berkelas ini maka dapat dipastikan hanya salah satu pemain top, CR7 atau Ibra yang akan lolos ke Brasil.

"Mereka adalah dua pemain kelas dunia. Sangat menyedihkan jika salah satu dari mereka akan absen di Piala Dunia musim panas nanti, tapi itu akan menjadi persaingan benar-benar menarik," kata Hamren.

"Tapi aku yakin itu (yang lolos) adalah Zlatan yang melakukan itu bagi kami," tambahnya. Hamren mengaku ia memiliki "perasaan baik" bahwa timnya yang akan lolos.

Meski Ibrahimovic pernah mengalami cedera lutut, tetapi ia juga tampil mengesankan, dengan menciptakan hat-trick saat Paris Saint-Germain melawan Nice pada Sabtu kemarin.

Seiring hat-tricknya, Ibrahimovic nampak penuh semangat mengejar ambisi dalam menghadapi kompetisi Piala Dunia mendatang.

"Ya, aku merasa nyaman dengan Swedia, bersemangat dan termotivasi," kata Ibra seperti dilaporkan surat kabar Swedia, Aftonbladet.

"Aku ingin mengalahkan rekor mencetak gol di timnas Swedia dan menjadi top skorer sepanjang masa," harapnya. "Aku adalah kapten, dan aku harus memimpin timku ke Piala Dunia," tambah striker dengan fostur tubuh 195 cm itu.

Dilain sisi, manager Portugal Paulo Bento mengakui kedua tim sama-sama berpeluang lolos.

"Ini sulit diperkirakan. Tidak ada favorit antara kedua tim. Keduanya sama kuat dan kompetitif," kata Bento. "Ibrahimovic merupakan sosok yang mengesankan, tetapi Swedia lebih dari itu, mereka kompak bermain dalam tim," lanjutnya.

Pada ajang Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan lalu, Portugal juga lolos ke turnamen bergengsi itu melalui proses playoff.

Selain Portugal lawan Swedia, hasil dalam undian itu adalah Perancis akan berlaga lawan Ukraina, Yunani akan menghadapi Rumania, dan Islandia dengan peringkat terendah dalam FIFA akan bersaing dengan Kroasia, guna meraih tiket final ke Piala Dunia Brasil.

Empat pemenang dari laga play-off ini akan melengkapi 13 jatah untuk zona Eropa. Sebelumnya dalam fase grup sebanyak sembilan pemenang telah lolos ke Brasil.

Squad Portugal:

Kiper: Beto, Rui Patricio, Eduardo.

Bek: Joao Pereira, Ricardo Costa, Andre Almeida, Antunes, Fabio Coentrao, Pepe, Bruno Alves, Luis Neto.

Gelandang: Miguel Veloso, William Carvalho, Raul Meireles, Joao Moutinho, Ruben Micael, Josue.

Striker: Nani, Cristiano Ronaldo, Helder Postiga, Hugo Almeida, Eder, Varela, Bruma.

Squad Swedia:

Kiper: Andreas Isaksson, Johan Wiland, Kristoffer Nordfeldt

Bek: Mikael Lustig, Jonas Olsson, Per Nilsson, Martin Olsson, Mikael Antonsson, Andreas Granqvist, Pierre Bengtsson, Adam Johansson

Gelandang: Rasmus Elm, Sebastian Larsson, Anders Svensson, Kim Källström, Pontus Wernbloom, Alexander Kacaniklic, Jimmy Durmaz, Erkan Zengin

Striker: Zlatan Ibrahimovic, Johan Elmander, Alexander Gerndt, Ola Toivonen

About these ads
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 353 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: