Beranda > Sports > Tekuk Italia, Kosta Rika Lolos 16 Besar Piala Dunia, Inggris Out

Tekuk Italia, Kosta Rika Lolos 16 Besar Piala Dunia, Inggris Out

16 besarKosta Rika berhasil menekuk Italia dengan skor 1-0 dan meraih tiket babak 16 besar Piala Dunia dari Grup D pada laga di Itaipava Arena Pernambuco, Jum’at (20/06/2014). Gol semata wayang itu dicetak oleh pemain nomor 10 Bryan Ruiz di penghujung babak pertama.

Hingga 25 menit di awal pertandingan babak pertama, Kosta Rika menguasai jalannya laga dan mencetak tiga peluang emas serta nyaris mencetak gol.

Duel baru berjalan dua menit, Christian Bolaños hampir membobol gawang Italia, tapi sepakan bola dari jarak jauhnya berhasil diamankan Buffon.

Empat kemudian giliran Yeltsin Tejeda yang mencoba memanfaatkan bola umpan Bolanos dari sisi kiri luar kotak penalti, namun tembakannya masih bisa ditepis oleh kiper Azzuri.

Menit ketujuh, gawang Buffon kembali terancam. Berawal dari sepak pojok, Celso Borges mencoba bola sundulan dari jarak dekat, meski sayang karna hasilnya terlalu tinggi di atas mistar.

Peluang perdana Italia muncul di menit ke-27 melalui Thiago Motta, yang berusaha menjebol gawang Kosta Rika dengan tembakan dari jarak jauh, tapi hasilnya menyamping.

Dua kesempatan gagal dimanfaatkan oleh Mario Balotelli. Menit ke 31, bola sepakan dari sisi tengah lapangan melesat melebar di sisi tiang gawang Kosta Rika. Dua menit berlalu Balotelli mencoba menembak bola dengan kaki kanan dari luar kotak penalti tapi berhasil ditangkap oleh Navas.

Setelahnya giliran Kosta Rika yang lebih banyak melakukan upaya serangan dari Christian Bolaños, Bryan Ruiz, dan Oscar Duarte, meski masih gagal jua.

Pertandingan berjalan 44 menit, Bryan Ruiz memecahkan kebuntuan untuk keunggulan Costa Rica menjadi 0-1. Berawal dari umpan silang yang diberikan Junior Diaz, gelandang bernomor 10 itu pun berhasil menggetarkan gawang Buffon dengan bola sundulan.

Skor bertahan 0-1 untuk keuntungan Kosta Rika hingga turun minum.

Skor Italia 0-1 Kosta Rika Paruh Pertama

Kosta Rika nyaris menggandakan keunggulan di menit ke-50 melalui bola sundulan Giancarlo Gonzalez dari sudut sulit tapi hasilnya melenceng agak ke kanan tiang gawang setelah memanfaatkan umpan sepak pojok dilakukan Christian Bolaños.

Semenit berlalu, giliran Italia yang menebar ancaman melalui bola sepakan Matteo Darmian dari luar kotak penalti, tapi masih terlalu lemah dan bisa diamankan oleh Navas. Kiper ini sekali lagi kembali membuat penyelamatan gemilang di menit ke-53 dari usaha tembakan jarak jauh dilakukan Andrea Pirlo.

Hingga menit ke-69, pelatih Italia Prandelli telah melakukan tiga kali pergantian pemain. Ia menarik Motta, Candreva, dan Marchisio yang digantikan oleh Cossano, Insigne dan Cerci. Sementara pelatih Jorge Pinto menarik Tejeda an digantikan Cubero. Tapi kedua kubu belum berhasil merubah papan skor 0-1.

Alih-alih mencetak gol, dua pemain diberikan kartu kuning karna pelanggaran. Mario Balotelli (Italia) di menit ke-69 dan pemain pengganti José Cubero (Kosta Rika) di menit ke-71.

Lorenzo Insigne nyaris menyamakan kedudukan setelah memanfaatkan umpan Alessio Cerci di menit ke-83, tapi tembakannya masih terlalu tinggi diatas mistar.

Marcos Ureña hampir saja menggandakan keunggulan bagi Costa Rica, usai menerima bola dari Junior Diaz tapi sepakan bola dari kaki kanannya berhasil ditepis Buffon.

Dihadapan lebih dari 40 ribu penonton, akhirnya Kosta Rika menang tipis 1-0 atas Italia hingga wasit membunyikan peluit panjangnya.

Menurut catatan BBC, selama pertandingan itu Italia dominan terhadap penguasaan bola mencapai 61 persen, sisanya 39 persen oleh Kosta Rika.

Italia mencatatkan sembilan kali usaha tembakan dan empat diantaranya akurat mengarah ke gawang, sedangkan Kosta Rika menciptakan lima peluang emas dari sepuluh percobaan.

Hasil sementara Grup D, Kosta Rika lolos ke 16 besar, sedangkan Inggris tereliminasi dari Piala Dunia mengikuti jejak Kamerun, Spanyol, dan Australia.

Grup D Main M S K CG KB BG Poin
Kosta Rika 2 2 0 0 4 1 3 6
Italia 2 1 0 1 2 2 0 3
Uruguay 2 1 0 1 3 4 -1 3
Inggris 2 0 0 2 2 4 -2 0

Susunan nama pemain:

Italia: 01-Buffon, 07-Abate, 04-Darmian, 16-De Rossi, 15-Barzagli, 03-Chiellini, 06-Candreva (Lorenzo Insigne 57′), 05-Motta (Cossano 45′), 09-Balotelli, 21-Pirlo, 08-Marchisio (Cerci 69′).

Kosta Rika: 01-Navas, 16-Gamboa, 15-Díaz Campbell, 04-Umaña, 03-Gonzalez, 06-Duarte, 10-Ruiz (Brenes 81′), 17-Tejeda (Cubero 67′), 09-Campbell (Ureña 74′) , 05-Borges, 07-Bolaños.

  1. 21 Juni 2014 pukul 01:44

    , go go go

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: