Beranda > Sports > Pulangkan Costa Rika, Belanda Tantang Argentina di Semifinal

Pulangkan Costa Rika, Belanda Tantang Argentina di Semifinal

BELANDA meraih tiket semifinal Piala Dunia FIFA Brazil setelah menyelipkan tiket pulang untuk Costa Rika, dan Oranje kini menantang Argentina di empat besar.

Pada pertandingan perempatfinal di Salvador, Ahad (6/7/2014), tim asuhan Louis van Gaal dipaksa bermain dengan babak perpanjangan waktu dan adu penalti, namun akhirnya menang skor 0-0 (4-3) atas anak buah Jorge Pinto.

Van Gaal menurunkan formasi pemain yang agak berbeda dibandingkan sebelumnya, dimana Georginio Wijnaldum, Dirk Kuyt, dan Memphis Depay dimasukkan ke starting XI.

Dilain sisi, Pinto memainkan bintang-bintang terbaiknya tapi terpaksa tanpa Oscar Duarte karna suspensi. Posisi bek tersebut digantikan oleh Johnny Acosta.

Hingga permainan berjalan 20 menit, kedua kubu belum menunjukkan serangan yang berarti. Kans Oranje baru tercipta pada menit ke-21. Diawali dengan umpan cross Kuyt diberikan pada Depay di sisi kiri. Striker bernomor punggung 21 itu meneruskan bola kepada Robin van Persie yang menyambutnya dengan tembakan ke gawang Kosta Rika. Tapi kiper Keylor Navas dapat menepisnya. Bola muntah ditembak kembali oleh Wesley Sneijder tapi bisa diselamatkan Navas.

Penampilan Navas kembali teruji pada menit ke-29, kali ini giliran tembakan Depay yang berhasil di patahkannya.

Netherlands memegang kendali permainan namun Kosta Rika masih bisa melakukan serangan balik. Pada menit ke 34, Acosta mencoba mengkonversikan umpan sundulan dari Celso Borges, tapi sayang sekali tembakannya melenceng ke kiri tiang gawang Belanda.

Menjelang usai babak pertama, Belanda hampir membuka skor melalui sepakan kencang dari free-kick Sneijder, tapi Navas kembali mengamankan bola yang nyaris bersarang di pojok kiri gawangnya.

Pada paruh waktu kedua Belanda kembali tampil dominan dan meraih sejumlah kesempatan emas dari Robben dan kawan-kawannya, meski perjuangan mereka belum memberikan hasil memuaskan.

Kosta Rika hampir membuat pendukung Belanda tersentak pada menit 65. Saat itu sundulan Geancarlo Gonzalez tapi hanya sedikit melenceng di pojok atas.

Pertahanan Kosta Rika yang solid plus penampilan Navas yang sempurna membuat para skuat Belanda merasa frustasi. Sejumlah rangkaian serangan mereka bisa dipatahkan oleh lawannya.

Paruh waktu kedua pun berakhir tanpa gol sehingga dilakukan perpanjangan waktu.

Pada babak ekstra time, permainan dikuasai oleh Belanda. Sebanyak lima kesempatan gagal dimaksimalkan Robben dan semua serangannya berhasil dimentahkan oleh Navas.

Marcos Ureña juga gagal mencetak gol untuk Kosta Rika di menit ke-118, setelah tembakan bola keras dari kaki kanannya diamankan oleh Navas, menyusul umpan sundulan dari Bryan Ruiz.

Laga belum juga berubah 0-0, hingga dilanjutkan dengan babak penalti:

  • Kosta Rika: Celso Borges. (0-1)
  • Belanda: Robin van Persie (1-1)
  • Kosa Rika: Bryan Ruiz (1-1) gagal
  • Belanda: Arjen Robben (2-1)
  • Kosa Rika: Giancarlo Gonzalez (2-2)
  • Belanda: Wesley Sneijder (3-2)
  • Kosa Rika: Christian Bolaños (3-3)
  • Belanda: Dirk Kuyt (4-3)
  • Kosa Rika: Michael Umaña (4-3) gagal

Menurut data BBC, selama pertandingan berlangsung, Belanda mampu tampil dominan dan menguasai bola dengan perbandingan 67:33 persen.

Pasukan van Gaal berhasil menciptakan delapan peluang dari 20 usaha, sedangkan Kosta Rika telah mencoba enam tembakan dan satu kans membobol gawang Belanda.

Dengan hasil ini, kisah Costa Rica berakhir di tangan Belanda, dan anak buah van Gaal akan berlaga melawan Argentina di fase semifinal.

Head-to-head Semifinal Argentina-Belanda

Turnamen FIFA World Cup 2014

Tim Tango dan Oranje bertemu di partai semifinal Piala Dunia Brazil setelah menyingkirkan masing-masing lawannya di perempatfinal: Belgia dan Kosta Rika.

Kedua kubu pernah bertemu sebanyak empat kali dalam ajang FIFA World Cup. Dua kesempatan dimenangkan Belanda, satu kali Argentina unggul dan satu lagi seri.

Pertemuan terakhir terjadi di Piala Dunia 2006 lalu di Jerman pada penyisihan fase grup C dengan hasil imbang tanpa gol. Argentina tampil jadi juara Grup dan Belanda sebagai runner-up.

Selanjutnya Argentina dapat lolos ke babak perempat-final, namun disingkirkan oleh tuan rumah dalam adu penalti. Sementara Belanda tereliminasi di tahap 16 besar oleh Portugal.

Kini keduanya bertemu lagi setelah delapan tahun berlalu pada fase semi-final yang akan dihelat pada Kamis, 10 Juli mendatang di Sao Paola.

Hasil pertemuan di Piala Dunia:

  • 10//07/2014 Belanda (vs) Argentina
  • 21/06/2006 Belanda 0-0 Argentina
  • 04/07/1998 Argentina 1-2 Belanda
  • 25/06/1978 Argentina 3-1 Belanda
  • 26/06/1974 Argentina 0-4 Belanda

Pertandingan Ujicoba dan lainnya Netherland masih unggul:

  • 12/02/2003 Belanda 1-0 Argentina
  • 31/03/1999 Belanda 1-1 Argentina
  • 22/05/1979 Argentina 0-0 (8-7) Belanda di WC Anniversary
  • 26/05/1974 Belanda 4-1 Argentina

Head-to-head Semifinal Brazil-Jerman, Aroma Balas Dendam

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: