Beranda > Sports > Kalahkan Argentina, JERMAN Juara Dunia 2014 Brazil

Kalahkan Argentina, JERMAN Juara Dunia 2014 Brazil

Juara Piala Dunia 2014

JERMAN berhasil menambah gelar juara dunia mereka untuk yang keempat, setelah mengalahkan Argentina di partai final dengan skor 1-0. Gol tunggal ini dicetak oleh Mario Gotze.

Pada pertandingan berlangsung Senin (14/7/2014), kedua kubu bermain tanpa menghasilkan gol hingga paruh kedua, sehingga harus melewati permainan babak tambahan.

Der Panzer mendominasi permainan di stadion nasional Maracana, Rio De Janeiro sejak menit-menit awal. Meski demikian, Argentina juga berhasil mencuri peluang dan menebar ancaman.

Pada menit ke-30, fans Argentina bersorak-sorai karna Higuain sukses menjebol gawng Jerman. Tapi, wasit dari Italia menganulir gol tersebut karena hakim garis melihat Higuain terperangkap offside saat menerima umpan Ezequiel Lavezzi.

Peluang Jerman muncul enam menit berlalu melalui Andre Schuerrle. Pemain pengganti ini melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti, namun ia harus kecewa lantaran serangannya ditepis oleh kiper Argentina, Sergio Romero.

Pada injury time, giliran Benedikt Hoewedes yang nyaris menjebol gawang tim Tango, tapi bola sundulannya hanya membentur tiang gawang.

Sepanjang babak kedua, kedua tim tampak saling menyerang, meskipun Jerman masih mendominasi penguasaan bola, namun belum mampu menggetarkan jala lawannya. Sementara itu serangan Lionel Messi cs terlihat lebih efektif dengan melakukan serangan balik.

Pada awal babak tambahan 2kali15 menit, André Schürrle nyaris membuka gol perdana bagi Jerman, namun tembakan bola dari kaki kanannya berhasil diamankan oleh kiper Sergio.

Semenit berlalu, giliran Ozil yang hampir membobol gawang Sergio setelah memanfaatkan umpan Schurrle. Tapi bola dunia ini berhasil ditangkap oleh kiper lawan.

Dua menit berlalu, Sergio Agüero menembakkan bola keras dari sisi kiri kotak penalti Jerman, tapi hasilnya masih melenceng ke arah kanan targetnya.

Usaha Jerman akhirnya membuahkan hasil melalui Mario Götze pada menit ke-113 setelah memaksimalkan umpan silang dari Schurrle. Sepakan keras dari jarak 6 meter di sisi kiri berhasil menghempaskan gawang Sergio di pojok kanan bawah. Skor 1-0.

Menurut data BBC, Senin (14/07/2014), selama pertandingan 120 menit itu, Jerman menguasai bola mencapai 65 persen, dan sisanya Argentina dengan 35 persen.

Tim Joachim Loew menciptakan lima peluang emas untuk mencetak gol dari 10 usaha, sedangkan anak buah Sabella telah mencoba 8 tembakan dan 0 mengarah ke gawang.

Catatan rekor delapan tim juara:

5 kali juara: Brasil (’58, ’62, ’70, ’94, ’02)
4 kali juara: Italia (’34, ’38, ’82, ’06), Jerman (’54, ’74, ’90, ’14)
3 kali juara: –
2 kali juara: Uruguay (’30, ’50), Argentina (’78, ’86)
1 kali juara: Inggris (’66), Prancis (’98), Spanyol (’10)

Susunan nama pemain Jerman Argentina.

Suasana di negara masing-masing selama pertandingan

Rakyat Argentina bersuka cita meski akhirnya kecewa. Semula mereka optimistis mampu meraih gelar juara Piala Dunia 2014. Nampak seluruh rakyat Argentina menyiapkan big party dengan menutup jalan dan menyiapkan televisi layar berukuran besar.

Sama halnya dengan kebanyakan negara Amerika Selatan, Argentina menganggap sepak bola layaknya agama dengan ritual-ritual yang dipercaya dapat membawa keberuntungan bagi timnas.

Diperkirakan sekitar 100 ribu fans Argentina berkumpul di kota Rio de Janeiro, Brasil. Mereka mengenakan seragam sambil melakukan arak-arakan di jalanan kota.

Sementara itu di ibu kota Argentina, suasana tidak kalah ramai. Lebih dari 50 ribuan berkumpul untuk nobar laga final ini, meskipun hujan sedikit mengguyur kota.

Hal serupa terjadi di ibukota Jerman, Berlin. Setidaknya dua ratusan ribu publik sangat antusias menyaksikan pertandingan final ini, dan kemenangan telah memberikan mereka perasaan bahagia luar biasa.

Kini rekor Jerman telah menyamai Italia, meraih gelar keempatnya tahun 2014 ini. Sebelumnya pada 1954, 1974, dan 1990.

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: