Beranda > Teknologi > 5.000.000 Akun Gmail Diretas, Cek Punya Agan!

5.000.000 Akun Gmail Diretas, Cek Punya Agan!


Sekitar lima juta username dan password yang terkait dengan akun Google Gmail telah diretas dan disebarkan di forum keamanan Rusia Bitcoin, Selasa (9/9/2014).

Menurut Tweet dari Peter Kruse, seorang ahli cybersecurity Denmark, data tersebut kemungkinan berasal dari sejumlah peretasan dan bukan cuma satu orang. Sebagian besar password bocor itu merupakan akun yang berusia lebih dari tiga tahun, tambahnya.

Kruse merekomendasikan agar pengguna segera mengubah password mereka dengan kombinasi yang sulit diterka. Selain itu ia menyarankan agar pengguna Gmail memanfaatkan keuntungan dari sistem otentikasi ganda, sehingga menawarkan keamanan berlapis.

Gmail dan layanan Google lainnya telah menjadi target sejumlah serangan peretas dalam beberapa waktu terakhir.

"Keamanan informasi pengguna kami menjadi prioritas utama," kata juru bicara Google. "Kami tidak memiliki bukti bahwa sistem kami telah dikompromikan, namun setiap kali kami menyadari kemungkinan peretasan, kami mengambil langkah-langkah vital untuk membantu para pengguna mengamankan akun mereka."

Peretasan paling heboh bulan ini terjadi pada sistem iCloud dimana ratusan foto-foto topless aktris Hollywood dibocorkan ke situs berbagai gambar 4chan, termasuk Jennifer Lawrence, Rihanna, Selena Gomez dan lain-lain.

Prihal kebocoran tersebut, pengguna Gmail disarankan untuk memeriksa IsLeaked.com untuk melihat apakah informasi pribadi mereka menjadi salah satu korban atau tidak.

Namun perlu diingat, karna ramainya kunjung ke situs IsLeaked.com memungkinkan terjadi kelebihan beban sehingga pengguna akan sedikit kesulitan mengakses web tersebut.

Iklan
  1. 11 September 2014 pukul 21:51

    SIAGA 2

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: