Beranda > Berita Terbaru > Akhir Abad Ini Jumlah Penduduk Dunia 12 Miliar Jiwa Lebih

Akhir Abad Ini Jumlah Penduduk Dunia 12 Miliar Jiwa Lebih

Jumlah penduduk duniaJUMLAH penduduk dunia diperkirakan akan mencapai 12 miliar jiwa lebih pada akhir abad ini. Demikian sebuah laporan di jurnal Science, Kamis (18/9/2014).

Studi ini menjadi yang pertama dengan menggunakan metode probabilistik modern. Penelitian tersebut dipimpin oleh pakar dari Divisi Populasi PBB dan beberapa perguruan tinggi lainnya.

Perkiraan jumlah penduduk dengan metode lama menyimpulkan jumlah populasi dunia sebanyak 9,6 miliar orang pada paruh pertama abad ini (2050) dan 10,9 miliar pada tahun 2100.

Namun dengan metode baru itu, ada peluang sekitar 80 persen yang menyebutkan populasi dunia bisa membengkak dengan kisaran 9,6 miliar hingga 12,3 miliar jiwa.

Benua Afrika diperkirakan menjadi wilayah paling padat di dunia pada tahun 2100 dengan estimasi sebanyak empat miliar jiwa dari jumlah saat ini sebanyak 1 miliar penduduk.

Menurut laporan itu, ada indikasi kuat angka ini bisa membengkak hingga sekitar 5,3 miliar jiwa. Alasan utama adalah kurang tersedianya alat kontrasepsi.

Daerah lain seperti Asia tidak akan terjadi banyak perubahan. Pada tahun 2050, populasi Asia akan mencapai puncaknya sebanyak 4,4 miliar, namun perlahan akan mulai menurun.

Di Amerika Utara, Amerika Latin dan Eropa, populasi penduduknya diproyeksikan akan mencapai paling banyak kurang dari satu miliar pada akhir abad ini.

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: