Beranda > Sports > Malam Ini, Final Sepakbola Asian Games – Korea Utara vs Korsel

Malam Ini, Final Sepakbola Asian Games – Korea Utara vs Korsel

Korea Utara vs SelatanMalam ini akan dilangsungkan pertandingan akbar dalam perebutan medali emas tim putra sepakbola antara Korea Utara versus Korea Selatan di Asian Games Incheon Korsel.

Laga berbau politis ini bertempat di stadion Incheon Munhak pada Kamis (2/10/2014) dengan kick-off pukul 20:00 setempat atau 18:00 waktu Indonesia bagian barat (WIB).

Terakhir kali kedua tim bertemu di final Asian Games pada tahun 1978 di Bangkok, di mana waktu itu tidak ada pemenang dan medali emas diberikan kepada kedua timnas.

"Kedua belah pihak merasa lega melihat akhir pertandingan yang melelahkan, dan suasana tidak mungkin lebih ramah saat 22 pemain saling berpelukan," tulis laman Bangkok Post usai pertandingan 36 tahun silam.

Ketegangan antara Korea Utara dan Selatan tergolong tinggi dan kedua negara secara teknis masih dalam suasana perang setelah Perang Korea 1950-53 berakhir dengan gencatan senjata, bukan dengan perjanjian damai.

Pada laga kualifikasi Piala Dunia 2008, tempat pertandingan terpaksa dipindahkan dari Korea Utara ke China setelah Korut menolak untuk mengibarkan bendera atau memutar lagu dari Selatan sebelum pertandingan dimulai.

Pertemuan kualifikasi kembali terjadi setahun kemudian yang menghasilkan kemenangan bagi Korea Selatan di tengah tuduhan dari Utara bahwa tim mereka diracuni oleh lawan-lawannya. Hal itu dibantah keras oleh Korsel.

Sesaat sebelum Asian Games Incheon dimulai, pemerintah Korea Selatan mengeluarkan peringatan keras kepada warganya bahwa mereka dilarang membawa bendera Korea Utara.

Panitia Incheon (IAGOC) mengatakan semua tindakan pencegahan yang diperlukan telah diambil dalam pertandingan.

"Ini bukan pertama kalinya bagi kami untuk mengadakan pertandingan Korea Utara vs Korea Selatan," kata Kim Bae-ok, direktur biro dukungan media IAGOC, kepada wartawan.

"Semua persiapan akan mengikuti prosedur standar, seperti yang telah dilakukan sebelumnya. Kami akan memastikan permainan ini dilakukan dengan aman," tuturnya.

"Permainan itu sendiri bukan acara khusus," kata Kim.

Korea Korea Selatan melaju ke partai final setelah menjadi juara di Grup A, kemudian mengalahkan Hongkong, Jepang, dan terakhir Thailand di semifinal.

Sementara itu Korut meraih tiket final setelah menjadi jawara Grup F, setelahnya menyingkirkan Indonesia di babak perdelapanfinal, Uni Emirat Arab, dan Irak di empat besar.

Sejauh ini Ferdinand Sinaga masih menempatkan dirinya sebagai pencetak gol terbanyak dengan enam buah gol. Namun posisinya terancam oleh sejumlah pemain yang masih aktif seperti Jong Il-gwan (Korut) dan Adisak Kraisorn (Thailand) yang keduanya telah membukukan lima gol.

Tim Putri Korea Utara Pecundangi Jepang

Tim sepakbola putri Korea Utara berhasil meraih medali emas untuk ketiga kalinya di ajang Asian Games. Pada kesempatan ini giliran Jepang yang menjadi korban dan menelan kekalahan 3-1 di final, Rabu 1 Oktober 2014.

Bermain di Stadion Munhak, Incheon, regu putri negeri komunis ini tampil dominan sejak awal permainan. Gol cepat Kim Yun Mi membawa Korut unggul pada menit ke-12.

Selanjutnya kapten Ra Un Sim yang menggandakan keunggulan pada awal paruh kedua, sebelum Jepang membalas satu gol dari kapten Aya Miyama.

Tiga menit menjelang akhir permainan, pemain pengganti Ho Un Byol menegaskan kemenangan Korea Utara untuk meriah medali paling berharga di kejuaraan ini.

Sukses tim putri Korut ini memiliki arti tersendiri karena lawan yang mereka hadapi adalah tim juara dunia putri 2011 silam.

Aroma politis menyelimuti pertandingan perebutan medali emas Asian Games 2014. Menurut laporan Reuters, sejumlah penonton lokal mengenakan kaos-kaos yang menginginkan kedua negara berjalan damai, dan juga menyanyikan lagu-lagu bertemakan reunifikasi.

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: