Beranda > Islam > Nih Dia 11 Daftar Pemenang Hadiah Nobel Beragama Islam

Nih Dia 11 Daftar Pemenang Hadiah Nobel Beragama Islam

BERIKUTini daftar nama 11 pemenang Hadiah Nobel yang beragama Islam.

Daftar pemenang hadiah Nobel Perdamaian

Bertepatan dengan Malala Yousafzai yang mendapatkan penghargaan Nobel Perdamaian tahun 2014, kini sebanyak tujuh orang Muslim yang diberikan penghargaan bergengsi ini.

Anwar Al-Sadat merupakan Muslim pertama yang menjadi pemenang Hadiah Nobel. Saat itu ia berbagi penghargaan dengan Menachem Begin pada tahun 1978.

Ia dihargai karena memberikan kontribusi terhadap perjanjian perdamaian di Timur Tengah antara Mesir dan Israel, yang ditandatangani di Camp David pada September 17, 1978.

Politisi Palestina Yasser Arafat mendapatkan hadiah Nobel pada 1994 bersama Shimon Peres dan Yitzhak Rabin karena mereka sebagai pencetus perdamaian di Timur Tengah.

Pada tahun 2003, Shirin Ebadi menjadi Muslim Iran pertama yang meraih hadiah istimewa ini, atas usahanya dalam perjuangan demokrasi dan hak-hak azazi manusia. Fokusnya pada kaum perempuan dan anak-anak.

Dua tahun kemudian, giliran Mohamed El Baradei dari Mesir yang meraih penghargaan ini atas usahanya mencegah penggunaan tenaga nuklir di bidang militer.

Pada tahun 2006, Muhammad Yunus dari Bangladesh diberikan hadiah Nobel Perdamaian karena usahanya dalam kreasi ekonomi dan perkembangan sosial untuk lapisan bawah.

Pemenang Nobel 2011, Tawakel Karman (dari Yaman) berbagi dengan Ellen Johnson Sirleaf, dan Leymah Gbowee untuk karya tulus mereka dalam perjuangan tanpa kekerasaan demi keselamatan perempuan dan hak-hak wanita di lingkungan kerja.

Malala Yousafzai, gadis ini menjadi pemenang Nobel termuda saat ini dalam usianya yang ke-17, karena telah memperjuangkan hak-hak azazi anak & perempuan dalam mengecap pendidikan yang memadai.

Peraih Nobel Muslim

Empat pemenang Nobel lainnya yang beragama Islam adalah:

  • Naguib Mahfouz (1988/Mesir), bidang Literatur
  • Orhan Pamuk (2006/Turki), bidang Literatur
  • Abdus Salam (1979/Pakistan), bidang Fisika
  • Ahmed Zewail (1999/Mesir), bidang Kimia
Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: