Beranda > Berita Terbaru > Google Peringati 25 Tahun Runtuhnya Tembok Berlin Jerman

Google Peringati 25 Tahun Runtuhnya Tembok Berlin Jerman

Foto Google Peringati Momen Jatuhnya Tembok Berlin Jerman

Google memperingati hari jatuhnya tembok Berlin yang memisahkan antara Jerman Barat dan Utara. Jurang pemisah sepanjang 151 km antara dua saudara tersebut akhirnya runtuh pada 9 November 1989.

Jika berselancar ke website Google, maka akan tampak gambar deretan orang-orang sedang berdiri diatas bekas tembok disertai logo perusahaan tersebut seperti foto diatas.

Kanselir Jerman Angela Merkel menyebutnya sebagai "keajaiban" bahwa Perang Dingin antara kedua kub bisa terselesaikan tanpa harus menggunakan senjata.

Lebih dari 100.000 warga Berlin dan wisatawan berjalan sepanjang rute 15-km di pusat kota pada hari Sabtu (8/11/2014) di mana Tembok Berlin pernah berdiri.

Sejumlah artis dikabarkan memperingati momen bersejarah menyatunya kedua Jerman dengan menempatkan balon warna putih sebanyak 7000 buah sepanjang bekas tembok tersebut.

Tampilan artistik balon setinggi 3,6 meter itu terlihat menggambarkan bagaimana liku-liku tembok tersebut membentang memisahkan kedua tempat melalui jantung kota.

"Itulah keajaiban bahwa segala sesuatu terjadi secara damai," kata Merkel, seorang ilmuwan semasa negara komunis Jerman Timur masih berdiri.

Tembok Berlin dibangun pada tahun 1961 dan dijaga secara ketat untuk menghentikan pindahnya warga Jerman Timur ke Barat. Setidaknya 136 orang tewas dalam usaha melarikan diri ke Berlin Barat dan banyak berakhir di penjara.

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: